Langsung ke konten utama

KELAS VIII : ULANGAN HARIAN RELASI DAN FUNGSI

 

Petunjuk Kegiatan

1. Jawablah Pertanyan berikut? 

2. Upload Jawaban dari pertanyaan dibawah ini ke Link  LKS

1. Relasi dari himpunan A ke himpunan B  pada diagram panah di samping adalah . . .

A. kurang dari

B. setengah dari

C. lebih dari

D. faktor dari

 soal relasi dan fungsi no 1

 2. Relasi “factor dari” dari himpunan P = {1, 2, 3} ke  Q = {2, 4, 6} ditunjukkan oleh diagram panah..

soal relasi dan fungsi no 2

3. K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi  “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah ….

A. {(3, 5), (4, 6)} 

B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}

C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}

D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)}

4. Himpunan pasangan berurutan dari grafik catesius di bawah adalah …

soal relasi dan fungsi no 4 

A. {(2, 1), (3, 5), (4, 4), (6, 4)}

B. {(1, 2), (2, 4), (4, 6), (5, 3)}

C. {(1, 2), (2, 4), (4, 4), (4, 6), (5, 3)}

D. {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)}

5. Range dari himpunan pasangan berurutan {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)}  adalah 

 A. {1, 2, 4, 5}

B. {1, 2, 3, 4, 5}

C. {1, 2, 3, 4, 5, 6}

D. {1, 2, 3, 4, 5, 6}

6. Diagram panah pada gambar di bawah merupakan pemetaan maka rangenya adalah. . .

soal relasi dan fungsi no 6

A. {a, b, c}

B. {d, e}

C. {a, b, c, d, e}

D. {1, 2, 3, 4}

7. Daerah hasil pemetaan yang ditunjukan oleh diagram panah di bawah adalah. . .

soal relasi dan fungsi no 7

A. {a, b, c}

B. b. {p, r}

C. {p, q, r}

D. { a, b, c, p, r}

8. Dari himpunan pasangan berurutan berikut ini :

  • I. {(1, 2), (2, 2), (3, 3)}
  • II. {(1, 2), (2, 2), (3, 1), (3, 2)}
  • III. {(1, 1), (1, 2), (1, 3), (1, 4)}
  • IV. {(1, 1), (1, 2), (2, 3), (2, 4)}

Yang merupakan pemetaan adalah …

A.  IV                                   

B.  III                                 

C. II                                     

D.  I

9. Dari diagram cartesius di bawah ini, yang menunjukkan pemetaan adalah ….

soal relasi dan fungsi no 10

Dari diagram cartesius di bawah ini, yang menunjukkan pemetaan adalah ….

A. hanya I, II dan III 

B. hanya I, II dan IV

C. hanya I, III dan IV

D. hanya II, III dan IV

10. Diketahui : Himpunan A = {factor dari 10} dan B = {factor prima dari 30}. Banyak semua pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah …

A. 81

B. 64                                 

C. 16                               

D. 8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS VIII : KOORDINAT

  Tujuan : Memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y      Sumbu x, adalah garis bilangan yang posisinya mendatar / horisontal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan pertama ( x , y ) B. Sumbu y, adalah garis bilangan yang posisinya tegak / vertikal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan kedua ( x , y ): 3. Untuk bisa menentukan letak titik koordinat, maka kedua garis bilangan (sumbu x dan sumbu y itu harus dipertemukan dengan pusat bertemu pada titik nol, menjadi seperti ini : misalnya diketahui sebuah posisi terletak pada titik koordinat ( 3, 4 ), ini mengandung maksud bahwa : - pada sumbu x letakkan titik pada bilangan 3, seperti ini, - pada sumbu y letakkan titik pada bilangan 4, seperti ini, dan bila dijadikan letak titik koordinat x.y = (3 , 4 ), dengan cara

KELAS VIII : SPLDV (METODE GRAFIK)

  Pengertian Persamaan Linear Dua Variabel Bentuk Umum SPLDV ax + b = c (Persamaan linear 1 variabel dengan variabelnya x) px + qy = r (persamaan linear 2 variabel dengan variabelnya x dan y) Keterangan: X dan y termasuk variabel pangkat satu. Lalu a, p, dengan q ialah koefisien. Sementara untuk b, c dan r merupakan konstanta.   Contoh Soal dan Penyelesainnya 1. Adi ingin melakukan lompat tali. Sementara tali yang dipakainya memiliki panjang 70cm lebih pendek dari tinggi badan adi. Supaya talinya tak tersangkut, adi perlu tali dengan panjang 2 kali panjang tali yang sebelumnya. Sehingga jika di ukur panjang talinya menjadi 30cm lebih panjang dibanding tinggi badan adi. Nah, tentukan berapa tinggi badan adi dan panjang tali yang dipakai untuk bermain lompat tali. Berapa panjang tali supaya talinya tak tersangkut bila di pakai lompat tali adi? Jawab: a. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan soal tersebut ialah dengan mengganti seluruh besaran yang terdapa