Langsung ke konten utama

KELAS IX: BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

 Sekolah                               : SMP AlAzhar 1 Bandar Lampung

Mata Pelajaran                    : Matematika

Kelas/Semester                    : IX Genap

Materi Pokok                       : Bangun Ruang Sisi Lengkung

Alokasi Waktu                     :  @40 Menit

💚💙💛💜"Cara terbaik untuk memprediksi masa depanmu adalah dengan menciptakannya." 💓💓💜

Doa Diawaktu pagi Hari

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa

 “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).

 

 Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sudah Sholat dhuha belum? 👐👐👐

Ibu  berharap kalian selalu istiqomah dalam melaksanakan dhuha dan ibadah wajib lainnya.

Marilah kita selalu bersyukur kehadirat Alloh SWT, yang telah memberikan kita segala yang kita butuhkan. dengan selalu ibadah kita tunjukan rasa syukur kita. 

Anak -anak hari ini kita akan latihan materi Bangun Ruang Sisi Lengkung :

Tujuan Pembelajaran : 

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

1.     Mengetahui  yang berkaitan dengan benda- benda tabung, kerucut dan bola. 

TABUNG

Sifat-sifat dari tabung adalah:

    – Memiliki sisi alas dan atas yang bentuknya sama berupa lingkaran.
    – Memiliki sisi lengkung atau selimut yang menghubungkan sisi alas dan atas.

Rumus Tabung
1. Luas Permukaan
2 \times \pi \times r \times t

2. Volume
(\pi \times r^2) \times t

dengan

    r = jari-jari
    t = tinggi

Untuk lebih lengkapnya mengenai tabung, lihat materi tabung

KERUCUT

Sifat-sifat dari kerucut adalah:

    – Memiliki sebuah alas yang bentuknya lingkaran
    – Memiliki titik puncak atas
    – Memiliki selimut (sisi) yang berbentuk lengkungan.

Rumus Kerucut
1. Luas Permukaan
\pi \times r \times (s + r)
2. Volume
\frac{1}{3} \times \pi \times r^2 \times t
dengan

    r = jari-jari
    s = garis pelukis
    t = tinggi kerucut

Untuk lebih lengkapnya mengenai kerucut, lihat materi kerucut

BOLA

Sifat-sifat dari bola adalah:

    – Hanya memiliki satu buah sisi
    – Tidak Memiliki titik sudut
    – Hanya Memiliki sebuah sisi lengkung yang tertutup

Rumus Bola
1. Luas Permukaan
4 \times \pi \times r^2
2. Volume
\frac{4}{3} \times \pi \times r^3
Dengan

    r = jari-jari

Untuk lebih lengkapnya mengenai bola, lihat materi bola

Tugas. 

1. Silahkan dipelajari materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

2. Tidak ada tugas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS VIII : KOORDINAT

  Tujuan : Memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y      Sumbu x, adalah garis bilangan yang posisinya mendatar / horisontal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan pertama ( x , y ) B. Sumbu y, adalah garis bilangan yang posisinya tegak / vertikal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan kedua ( x , y ): 3. Untuk bisa menentukan letak titik koordinat, maka kedua garis bilangan (sumbu x dan sumbu y itu harus dipertemukan dengan pusat bertemu pada titik nol, menjadi seperti ini : misalnya diketahui sebuah posisi terletak pada titik koordinat ( 3, 4 ), ini mengandung maksud bahwa : - pada sumbu x letakkan titik pada bilangan 3, seperti ini, - pada sumbu y letakkan titik pada bilangan 4, seperti ini, dan bila dijadikan letak titik koordinat x.y = (3 , 4 ), dengan cara

KELAS VIII : ULANGAN HARIAN RELASI DAN FUNGSI

  Petunjuk Kegiatan 1. Jawablah Pertanyan berikut?  2. Upload Jawaban dari pertanyaan dibawah ini ke Link  LKS 1. Relasi dari himpunan A ke himpunan B  pada diagram panah di samping adalah . . . A. kurang dari B. setengah dari C. lebih dari D. faktor dari    2. Relasi “factor dari” dari himpunan P = {1, 2, 3} ke  Q = {2, 4, 6} ditunjukkan oleh diagram panah.. 3. K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi  “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah …. A. {(3, 5), (4, 6)}  B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)} C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)} D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)} 4. Himpunan pasangan berurutan dari grafik catesius di bawah adalah …   A. {(2, 1), (3, 5), (4, 4), (6, 4)} B. {(1, 2), (2, 4), (4, 6), (5, 3)} C. {(1, 2), (2, 4), (4, 4), (4, 6), (5, 3)} D. {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)} 5. Range dari himpunan pasangan berurutan {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)}  adalah   A. {1, 2, 4, 5} B. {1, 2, 3, 4, 5} C. {1, 2, 3, 4, 5, 6

KELAS VIII : SPLDV (METODE GRAFIK)

  Pengertian Persamaan Linear Dua Variabel Bentuk Umum SPLDV ax + b = c (Persamaan linear 1 variabel dengan variabelnya x) px + qy = r (persamaan linear 2 variabel dengan variabelnya x dan y) Keterangan: X dan y termasuk variabel pangkat satu. Lalu a, p, dengan q ialah koefisien. Sementara untuk b, c dan r merupakan konstanta.   Contoh Soal dan Penyelesainnya 1. Adi ingin melakukan lompat tali. Sementara tali yang dipakainya memiliki panjang 70cm lebih pendek dari tinggi badan adi. Supaya talinya tak tersangkut, adi perlu tali dengan panjang 2 kali panjang tali yang sebelumnya. Sehingga jika di ukur panjang talinya menjadi 30cm lebih panjang dibanding tinggi badan adi. Nah, tentukan berapa tinggi badan adi dan panjang tali yang dipakai untuk bermain lompat tali. Berapa panjang tali supaya talinya tak tersangkut bila di pakai lompat tali adi? Jawab: a. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan soal tersebut ialah dengan mengganti seluruh besaran yang terdapa