SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin - Jumat
Kelas : 7A
Semester : 1 (Satu)
Jam
|
Pokok Bahasan /Sub Pokok Bahasan
|
Tujuan Pmbelajaran
|
KBM
|
Sumber Pelajaran /Alat Peraga
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
·
Pengertian bangun datar segi empat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segi tiga
·
Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun
datar segi empat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang)
·
Keliling dan luas bangun datar segi
empat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang)
|
1.
Mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan
segitiga
2.
Memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang,
trapezium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
3.
Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang ditinjau dari sisi,
sudut dan diagonalnya.
4.
Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi
dan sudutnya
5.
Menemukan jenis segitiga berdasarkan
sifat-sifatnya
6.
Melukis garis-garis istimewa pada segitiga
7.
Menjelaskan menurunkan rumus keliling persegi,
persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang
8.
Menerapkan konsep keliling dan luas segiempat dan
segitiga untuk menyelesaikan masalah
|
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar
yang terdapat pada buku siswa tentang pengertian bangun datar segi empat dan
segitiga
Ø
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar
Ø
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
Ø Peserta
didik :
·
Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah
Ø Guru :
Ø Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
·
Memahami jenis-jenis segi empat
·
Sifat-sifat segi empat
Ø Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar
Ø Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
·
Memahami jenis-jenis segi empat
·
Sifat-sifat segi empat
Ø Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Keliling dan luas segi empat (persegi dan persegi panjang)
Ø Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Keliling dan luas segi empat (persegi dan persegi
panjang)
Ø Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Jenis dan Sifat
Segitiga
Ø Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v
Berdiskusi tentang data :
·
Jenis dan Sifat Segitiga
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Jenis dan Sifat Segitiga
Ø Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Jenis dan Sifat Segitiga
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Jenis dan
Sifat Segitiga
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Ø Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Memahami keliling dan luas
segitiga
Ø Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v
Berdiskusi tentang data :
·
Memahami keliling dan luas segitiga
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Memahami keliling dan luas
segitiga
Ø Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
·
Memahami keliling dan luas segitiga
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
·
Memahami keliling dan luas segitiga
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Ø Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Memahami
Garis-garis Istimewa pada Segitiga (garis tinggi
dan garis bagi)
Ø Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Memahami Garis-garis Istimewa pada Segitiga (garis sumbu dan
garis berat)
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
(garis sumbu dan
garis berat)
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Ø Peserta
didik :
Ø Guru :
|
|
|
|||
Mengetahui
|
Bandar
Lampung
|
|||||||
Kepala
Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran
|
|||||||
|
DENY
SUMANT,S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar