Satuan Pendidikan : SMP
ALAZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / 2
Materi : Lingkaran
Alokasi Waktu : 20 JP (@40 menit)
💚💙💛💜"Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh" 💓💓💜
Doa Diawaktu pagi Hari
اَللَّهُمَّ
إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan
mutaqabbalaa
“Ya
Allah, sungguh aku memohon kepada Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan
amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).
Assalamu'alaikum
Wr Wb.
Sudah Sholat dhuha belum? 👐👐👐
Ibu
berharap kalian selalu istiqomah dalam melaksanakan dhuha dan ibadah wajib
lainnya.
Marilah
kita selalu bersyukur kehadirat Alloh SWT, yang telah memberikan kita segala
yang kita butuhkan. dengan selalu ibadah kita tunjukan rasa syukur kita.
Anak anak hari ini kita masih
belajar tentang
Kompetensi
Dasar
3.7 Menentukan
hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat
1. Mengetahui hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama
2
Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, Luas Juring, dan Luas Tembereng
Pernahkah Anda melihat orang bermain tolak peluru? Kalau belum pernah melihatnya coba perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas merupakan orang yang mau melempar peluru. Tahukah Anda bagaimana bentuk lapangan permainan tolak peluru? Gambar A di bawah ini merupakan gambar bentuk lapangan tolak peluru.
|
Gambar A |
Jika dilihat secara mendetail pada lingkaran (titik A) maka gambar lapangan tolak peluru seperti gambar B di bawah ini.
|
Gambar B |
Dapatkah Anda menghitungnya berapa panjang busur yang dibentk oleh sudut 45 pada Gambar
B? Sekarang perhatikan Gambar A, titik A sama seperti gambar B. Jika
jarak anak A dan anak B sejauh 100 m, dapatkah Anda hitung berapa
panjang busur (garis lengkung) yang dibentuk oleh anak B dan anak C?
Untuk
menjawab soal tersebut Anda harus paham dengan konsep keliling
lingkaran, sudut pusat, dan panjang busur serta hubungannya.
Sudut
pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari yang berpotongan pada pusat
lingkaran. Pada gambar di bawah, sudut AOB = α adalah
sudut pusat lingkaran. Garis lengkung AB disebut busur AB dan daerah arsiran
OAB disebut juring OAB. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari
hubungan antara sudut pusat, panjang busur, dan luas juring pada sebuah lingkaran.
Hubungan
antara sudut pusat, panjang busur, dan luas juring adalah sebagai berikut.
Jadi,
panjang busur dan luas juring pada suatu lingkaran berbanding lurus dengan
besar sudut pusatnya.
Sekarang
perhatikan Gambar di atas tersebut. Dari gambar tersebut diperoleh
Sekarang,
misalkan ∠ COD =
satu putaran penuh = 360° maka keliling lingkaran = 2πr, dan luas lingkaran = πr2 dengan r
jari-jari, akan tampak seperti Gambar di atas, sehingga diperoleh
Dengan
demikian, diperoleh rumus panjang busur AB, luas juring AB, dan luas tembereng
AB pada Gambar di atas adalah
panjang
busur AB = (α/360°)
x 2πr
luas
juring OAB = (α/360°)
x πr2
luas
tembereng AB = luas juring OAB – luas Δ AOB.
Contoh Soal
Perhatikan gambar berikut.
Jika panjang busur AB = 45 cm, maka berapakah panjang busur CD?
Penyelesaian:
Tugas!!
1. Pada gambar berikut, jika luas juring AOB adalah 40 cm2, maka berapakah luas juring BOC?
2. Panjang jari-jari sebuah lingkaran dengan pusat O adalah 5 cm. Titik P
dan Q terletak pada lingkaran. Jika panjang busur PQ = 6,28 cm,
hitunglah luas juring POQ.
Tugas!!!
1. Selesaikan tugas diatas
2. Silahkan dikumpul dengan cara japri lewat WA ke Ibu
Hana Lathifah Puteri
BalasHapusVIII A
" Hadir "