Satuan Pendidikan : SMP ALAZHAR 1 BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 2
Materi : Teorema Phytagoras
Alokasi Waktu : 20 JP (@40 menit)
💚💙💛💜"Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh" 💓💓💜
Doa Diawaktu pagi Hari
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan
mutaqabbalaa
“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).
Assalamu'alaikum Wr Wb.
Sudah Sholat dhuha belum? 👐👐👐
Ibu berharap kalian selalu istiqomah dalam melaksanakan dhuha dan ibadah wajib lainnya.
Marilah kita selalu bersyukur kehadirat Alloh SWT, yang telah memberikan kita segala yang kita butuhkan. dengan selalu ibadah kita tunjukan rasa syukur kita.
Anak anak hari ini kita masih belajar tentang
Kompetensi Dasar
Menggunakan Teorema Tripel Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat
Menggunakan Teorema Tripel Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
Tripel Pythagoras
Tripel Pythagoras adalah tiga buah bilangan yang memenuhi syarat teorema Pythagoras. Jika tiga bilangan memenuhi syarat teorema Pythagoras maka ketiga bilangan tersebut termasuk pembentuk segitiga siku-siku atau merupakan panjang dari sisi-sisi segitiga siku-siku.
Contoh:
Perhatikan kelompok tiga bilangan berikut:
a. 3, 5, 6
b. 6, 8, 10
c. 6, 8, 12
d. 4, 5, 6
Jika bilangan – bilangan tersebut merupakan sisi – sisi segitiga, manakah yang membentuk segitiga siku-siku dan disebut sebagai Tripel Pythagoras?
Jawab:
a. 3, 5, 6
Bilangan yang paling besar kita anggap sebagi sisi miring, dan dua sisi lainya adalah sisi tinggi dan sisi alas, maka sesuai dengan teorema Pythagoras, yaitu:
Simir 2 = siting 2 + sial 2
62 = 52 + 32
36 = 25 + 9
36 ≠ 34
36 >34
Karena 62 > 52 + 32 , atau sisi miring lebih besar dari jumlah sisi lainya, ketiga bilangan tersebut membentuk segitiga tumpul, dan ketiga bilangan tersebut bukanlah Tripel Pythagoras
b. 6, 8, 10
Bilangan yang paling besar kita anggap sebagi sisi miring, dan dua sisi lainya adalah sisi tinggi dan sisi alas, maka sesuai dengan teorema Pythagoras, yaitu:
Simir 2 = siting 2 + sial 2
102 = 82 + 62
100 = 64 + 36
100 = 100
Karena 102 = 82 + 62, atau kuadrast sisi miring sama dengan jumlah kuaderast sisi lainya, maka ketiga bilangan tersebut membentuk segitiga siku-siku, dan ketiga bilangan tersebut merupakan Tripel Pythagoras
Tugas!!
Silahkan pahami materi diatas dan dipelajari Tetap semangat, dan selalu jaga kesehatan.
wassalamu'alaikum wr.wb.
Komentar
Posting Komentar