Langsung ke konten utama

KELAS IX : TRANSFORMASI TRANSLASI MATERI

 Pahami Materi dan contoh soal link dan materi dibawah ini!!

Link Materi dan Contoh Translasi 

Pada koordinat cartesius di atas dapat kita lihat bahwa translasiContoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannya telah mentranslasikan titik A(x,y) ke arah kanan sejauh a satuan pada sepanjang garis lurus dan ke arah atas sejauh b satuan. Titik A tersebut menghasilkan bayangan berupa titik A'(x +a, y + b). Dari sini dapat  disimpulkan bahwa apabila translasiContoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannya telah mentranslasikan titik A(x,y), maka akan menghasilkan bayangan dari titik tersebut berupa A'(x’,y’) dimana y’ = y + b dan x’ = x + b. Inilah hal yang perlu anda tekankan dalam materi Translasi pada transformasi geometri ini. Penulisan translasi Contoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannyapada titik A(x,y) dapat berbentuk seperti di bawah ini:

Contoh Soal Translasi (Pergeseran) Beserta Pembahasannya

Keterangan:

  • Satuan a akan bergeser menuju x positif atau ke arah kanan apabila a > 0.
  • Satuan a akan bergeser menuju x positif atau ke arah kiri apabila a < 0.
  • Satuan b akan bergeser menuju y positif atau ke arah atas apabila b > 0.
  • Satuan b akan bergeser menuju y positif atau ke arah bawah apabila b < 0.

 

Siswa hanya Memahami Materi dan contoh soal, jika belum dipahami silahkan bertanya boleh secara japri boleh digrup. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS VIII : ULANGAN HARIAN RELASI DAN FUNGSI

  Petunjuk Kegiatan 1. Jawablah Pertanyan berikut?  2. Upload Jawaban dari pertanyaan dibawah ini ke Link  LKS 1. Relasi dari himpunan A ke himpunan B  pada diagram panah di samping adalah . . . A. kurang dari B. setengah dari C. lebih dari D. faktor dari    2. Relasi “factor dari” dari himpunan P = {1, 2, 3} ke  Q = {2, 4, 6} ditunjukkan oleh diagram panah.. 3. K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi  “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah …. A. {(3, 5), (4, 6)}  B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)} C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)} D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)} 4. Himpunan pasangan berurutan dari grafik catesius di bawah adalah …   A. {(2, 1), (3, 5), (4, 4), (6, 4)} B. {(1, 2), (2, 4), (4, 6), (5, 3)} C. {(1, 2), (2, 4), (4, 4), (4, 6), (5, 3)} D. {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)} 5. Range dari himpunan pasangan berurutan {(2, 1), (3, 5), (4, 2), (4, 4), (6, 4)}  adalah...

KELAS VIII : KOORDINAT

  Tujuan : Memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y memahami posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y      Sumbu x, adalah garis bilangan yang posisinya mendatar / horisontal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan pertama ( x , y ) B. Sumbu y, adalah garis bilangan yang posisinya tegak / vertikal, dan merupakan garis yang diwakili oleh bilangan kedua ( x , y ): 3. Untuk bisa menentukan letak titik koordinat, maka kedua garis bilangan (sumbu x dan sumbu y itu harus dipertemukan dengan pusat bertemu pada titik nol, menjadi seperti ini : misalnya diketahui sebuah posisi terletak pada titik koordinat ( 3, 4 ), ini mengandung maksud bahwa : - pada sumbu x letakkan titik pada bilangan 3, seperti ini, - pada sumbu y letakkan titik pada bilangan 4, seperti ini, dan bila dijadikan letak titik koor...